Join The Community

Jumat, 23 September 2011

Nih gan soal-soal UN SMA..

BAHASA INDONESIA

Teks berikut untuk soal nomor 1 dan 2.
Bacalah teks berikut dengan saksama!

1.       Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya.
UN-SMA-07-01
Ide pokok paragraf tersebut adalah...
A. memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada
B. menjaga lingkungannya agar tetap sehat
C. perilaku sehat akan berpengaruh pada pilar-pilar lainnya
D. berperilaku sehat akan menjaga kebersihan
E. perilaku sehat merupakan pilar utama
UN-SMA-07-02
2.       Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf tersebut adalah...
A. Mengapa perilaku sehat merupakan pilar paling utama?
B. Bagaimana cara menjaga agar lingkungan tetap sehat?
C. Apakah fungsi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat?
D. Mengapa masyarakat harus memelihara kesehatan lingkungan?
E. Kapan pemerintah harus memberi pelayanan kesehatan?
Diagram berikut untuk soal nomor 3 dan 4 !
Cermati diagram dengan saksama!
UN-SMA-07-03
3.       Hal yang digambarkan dalam diagram tersebut adalah ...
A. Sumber dan jumlah sampah di kota Mataram pada tahun 2003.
B. Sampah pasar menduduki persentase terendah di kota Mataram tahun 2003.
C. Sampah umum paling sedikit persentasenya di kota Mataram pada tahun 2003.
D. Sumber sampah tertinggi di kota Mataram pada tahun 2003 adalah saluran.
E. Sampah umum peringkat ketujuh di kota Mataram pada tahun 2003.
UN-SMA-07-04
4.       Pernyataan yang sesuai dengan isi diagram-tersebut adalah ...
A. Sampah pemukiman volumenya terbanyak kedua dibandingkan sampah lainnya.
B. Sampah umum volumenya lebih banyak dibandingkan sampah komersial.
C. Sampah lain-lain volumenya lebih banyak dibandingkan jumlah sampah pasar.
D. Sampah pasar volumenya lebih besar dibandingkan jumlah sam pah komersial.
E. Sampah pasar volumenya lebih banyak dibandingkan sampah pemukiman.

Teks berikut untuk nomor 5 dan 6.
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta ternyata tidak seperti kota Metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron.
Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor, orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat vila dan hotel di Puncak.
UN-SMA-07-05
5.       Masalah yang diungkapkan dalam tajuk rencana tersebut adalah ...
A. Banjir meianda Jakarta sehingga menimbulkan banyak kerugian.
B. Jakarta selama ini terlihat megah dalam sinetron.
C. Banjir yang melanda Jakarta adalah kiriman dari Bogor.
D. Masyarakat Jakartalah yang membuat kerusakan.
E. Orang Jakarta menggusur petani membuat vila dan hotel di Puncak.
UN-SMA-07-25
6.       Cermatilah penutup surat lamaran pekerjaan berikut!
Besar harapan saya dapat diterima diperusahaan yang Bapak pimpin. Atas kebaikannya, dihaturkan terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ...
A. Besar harapan saya, Bapak mempertimbangkan lamaran saya. Atas kebijaksanaannya, diucapkan terima kasih.
B. Besar harapan saya. Bapak dapat menerima saya. Atas kebijaksanaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
C. Mohon Bapak dapat menerima saya. Atas kebijaksanaannya kepada saya, saya ucapkan terima kasih.
D. Sudilah kiranya Bapak menerima saya. Atas kebijaksanaan Bapak, dihaturkan terima kasih.
E. Atas kebijaksanaan menerima saya di perusahaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
UN-SMA-07-26
7.       Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
Ketua OSIS SMA Harapan Jaya memerintahkan kepada sekretaris OS1S untuk membuat proposal kcgiatan menyongsong hari Sumpah Pemuda. Proposal itu akan dijadikan bahan rapat pengurus OSIS dua minggu yang akan datang.
Kalimat memo yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. Buatlah proposal dengan segera untuk menyongsong hari Sumpah Pemuda yang akan datang.
B. Rapat pengurus OSIS dua minggu yang akan datang, buatlah segera proposal untuk kegiatan tersebut.
C. Buatlah undangan rapat pengurus OSIS secepatnya untuk membahas proposal kegiatan Sumpah Pemuda.
D. Buat proposal kegiatan hari Sumpah Pemuda sebagai bahan rapat dua minggu yang akan datang.
E. Harap dibuatkan proposal kegiatan hari Sumpah Pemuda untuk dirapatkan minggu yang akan datang.
UN-SMA-07-31
Bacalah paragraf persuasi dengan saksama!
Pasien yang berobat dan dirawat inap di Rumah Sakit Dharma Yadnya Denpasar tidak dilayani dengan ramah, dokter yang seharusnya rutin memeriksa kondisi pasien sering tidak tepat waktu. Para perawat yang merawat pasien tidak berwajah ramah. Fasilitas dan peralatan yang dimiliki tidak lengkap sehingga banyak pasien yang berpindah ke rumah sakit lain. ...
8.       Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Pasien yang akan masuk ke Rumah Sakit Dharma Yadnya hendaknya berpikir dulu.
B. Rumah Sakit Dharma Yadnya harus segera menambah fasilitas dan peralatan medis.
C. Para dokter dan suster di Rumah Sakit Dharma Yadnya perlu segera diganti.
D. Tambahkan fasilitas dan tingkatkan pelayanan di Rumah Sakit Dharma Yadnya.
E. Turunkan biaya perawatan agar pasien tidak pindah ke rumah sakit lain.
UN-SMA-07-32
9.       Bacalah paragraf generalisasi berikut dengan saksama!
Ular, biawak, cecak, dan sebagainya tennasuk jenis binatang melata. Seperti jenis binatang lainnya, binatang-binatang tersebut memerlukan air. Begitu juga tumbuh-tumbuhan misalnya mawar, kelapa, sawo. Manusia juga memerlukan air. Manusia, tumbuh-tumbuhan, dan binatang sangat memerlukan air.
Simpulan paragraf tersebut adalah...
A. Semua manusia memerlukan air.
B. Tumbuhan memerlukan air untuk hidup.
C. Semua makhluk hidup sangat memerlukan air.
D. Setiap orang memerlukan air untuk hidup.
E. Semua binatang memerlukan air untuk hidup.
UN-SMA-07-33
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
10.   Alam semesta berjalan dengan teratur seperti jalannya sebuah mesin. Matahari, bumi, bulan, dan bintang yang jumlahnya berjuta-juta berjalan seperti teraturnya putaran roda mesin yang rumit. Semua bergerak menurut irama tertentu. Mesin rumit itu ada penciptanya, yaitu manusia yang pandai, teliti, dan senang memecahkan masalah ...
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Semuanya adalah usaha manusia dengan segala teknologi canggih yang tidak dapat menyaingi penciptanya.
B. Alam yang luas dan beredar dengan rapi sepanjang masa itu ada pula yang menciptakannya, yaitu Yang Maha pandai dan Maha teliti.
C. Semua yang terjadi di bumi ini adalah ciptaan Tuhan dan jangan dirusak oleh manusia.
D. Manusia dapat membuat apa saja untuk kepentingannya, tetapi tidak melebihi Tuhan sebagai penciptanya.
E. Tuhan menciptakan semuanya dan manusia menjaganya. Oleh sebab itu, lestarikanlah alam ini.

BAHASA INGGRIS

PART I
Directions:
In this part of the test you will hear some dialogues and questions spoken in English. The
questions and the dialogues will be spoken twice. They will not be printed in your test book, so
you must listen carefully to understand what the speakers are saying. After you listen to the
dialogue and the question about it, read the five possible answers, and decide which one would
be the best answer to the question you have heard. Now listen to a sample question.
You will hear:
Boy : Do you use internet very often?
Gir : Yes, I do. I use it for communication.
Boy : How do you communicate with it?
Girl : I send and receive emails, and I speak with my friends using voice mail.
1.       What is the main topic of the conversation?
A. How to use email.
B. Internet usage.
C. Receiving emails.
D. Voice mail.
E. Communication.
PART II
Directions:
2.       In this part of the test, you will hear some incomplete dialogues spoken in English, followed by
four responses, also spoken in English. The dialogues and the responses will be spoken twice.
They will not be printed in your test book, so you must listen carefully to understand what the
speakers are saying. You have to choose the best response to each question.
Now listen to a sample question.
Man : Where are we going to stay?
Woman : At the Sun Hotel, near the beach.
Man : Why there?
Woman : ….
What will the woman most likely reply?
A. Stay there.
B. It provides excellent service.
C. There‟s a hotel there.
D. It‟s on the beach.
The best answer to the question is choice B “It provides excellent service.” Therefore you should
choose answer B.
5. Mark your answer on your answer sheet.
6. Mark your answer on your answer sheet.
7. Mark your answer on your answer sheet.
PART III
Questions: 8 to 11.
Directions:
In this part of the test, you will hear some dialogues or monologues spoken in English. The
dialogues or monologues will be spoken twice. They will not be printed in your test book, so you
must listen carefully to understand what the speakers are saying. After you listen to the dialogue
or monologue, look at the five pictures provided in your test book, and decide which one would
be the most suitable with the dialogue or monologue you have heard.
8.
9.
10.
11.
.
PART IV
Question 12 to 15.
Directions:
In this part of the test, you will hear several monologues. Each monologue will be spoken twice.
They will not be printed in your test book, so you must listen carefully to understand what the
speakers are saying. After you hear the monologue and the question about it, read the five
possible answers and decide which one would be the best answer to the question you have heard.
12. A. An actor
B. Harry Potter
C. Popular book series
D. Literary agent
E. Daniel Jacob Radcliffe
13. A. Being born in England
B. Buying a popular book series.
C. Playing Harry Potter.
D. His mother being a casting agent.
E. His father being a literary agent.
14. A. Over the head
B. Around the waist
C. Outsite the aircraft
D. In the back of the seat
E. Under the seat
15. A. Table.
B. The life jacket.
C. Mobile phones.
D. The attached light.
E. Tapes around the waist.
This is the end of the listening section.
Reading Section
The following text is for questions 16 and 17.
16. “It is equally important to make it as realistic as ….”
The underlined word refers to ….
A. acting
B. a play
C. costum
D. prop
E. a story
17. What is the text about?
A. The writer‟s complaint to the actors.
B. The direction of making good acting.
C. Steps on how to make a play interesting.
D. Advice to make the play realistic and interesting.
E. A motivation to make the actors work harder.
Good acting and good story can make a play interesting. It is equally
important to make it as realistic as possible with suitable costumes, props
and sets. Be creative and don‟t forget to have fun.
Good Luck
Socy
The following text is for questions 18 and 19
.
18. What is informed on the announcement?
A. A request to return library books.
B. The subjects of the library books.
C. A compulsory to replace lost books.
D. The library administration officers.
E. Submission of receipts.
19. What will happen if the book you borrowed is lost?
A. You will get receipts.
B. It should be covered by non-colorful plastic.
C. The librarian will be fined by a certain amount of money.
D. You should cover with wrapping plastic.
E. It should be replaced with a similar book.
To All Third Grade Students
All library books have to be returned on the twenty-second of May, 2009.
They should be covered with non-colorful wrapping plastic. Lost books
must be replaced with the ones of similar subjects. Fine will be charged to
the late return of the books. Students who have handed on all books will
get receipts that have to be submitted to the administration officers.
Library Staff
The following text is for questions 20 to 22.
20. This text tells us about ….
A. organism
B. fermentation
C. cattle product
D. contact address
E. the use of EM-4
EFFECTIVE MICRO ORGANISMS 4
ORGANIC FERMENTATION BACTERIA
TO INCREASE CATTLE PRODUCTIVITY
EM-4 is a mixture of micro-organisms that gives the benefit for cattle growth and
product.
Usage:
1. Decrease smell pollution
2. Balance mutual micro-organisms
3. Increase quality and quantity of cattle product
How to use:
1. To get satisfying result, dissolve 1 cc EM-4 per litre water every day
2. Spray 1 cc EM per litre of water every week on the floor, wall, and manure.
Agent: PT. Songgolangit
Persada, Jakarta
Distributor: Jl. Ki Hajar Dewantara 46
Jakarta
Phone: (021) 7894529
21. One of the benefits of the product is ….
A. for growing cattle bacteria
B. for increasing smell pollution
C. for producing cattle manure and organic fermentation bacteria
D. for increasing micro organisms
E. for increasing quality and quantity of cattle product
22. What will you do to get satisfying result?
A. Dissolve 1 cc EM –4 per litre of water every two days.
B. Dissolve 4 cc EM –1 per litre of water every week.
C. Dissolve 1 cc EM – 4 per litre of water every week.
D. Dissolve 4 cc EM – 1 per litre of water per day.
E. Dissolve 1 cc EM –4 per litre of water every day.
The following text is for questions 23 to 27.
Anybody who is over the age of six knows that there is nowhere safe for
skateboarders to skate. This prevents young people from enjoying an active,
energetic and adventurous pastime.
Just watch a local street for a short while and note the steady stream of
skaters speeding up and down the footpaths. Todlers can be trampled on and old
ladies can be knocked down as they struggle home carrying their cat food from
supermarkets.
Skateboarding is a serious sport that improves young people‟s health. It
increases fitness, improves balance and strengthens the joints in knees and ankles.
Although it appears to be a solo sport, when groups practice together and compete to
perform stunts or runs they form firm friendships.
Young people should be prevented from becoming overweight couch
potatoes. If they are actively involved in skating, they do not smoke, take drugs or
break laws for fun.
Kids will always seek thrills and excitement. They need to practice their
180s, 360s and Ollie‟s free from restrictions. We must build skate parks in the
suburbs so that streets are safe for small children and senior citizens and skaters
have spaces where they can race, chase, speed, and soar towards the sun.
23. Where do the kids usually ride their skateboard?
A. In the main roads and foot paths.
B. In front of the supermarket.
C. In front of their home.
D. In the suburbs.
E. In the park.
24. What is the main idea of paragraph 3?
A. There is no safe place for skateboarders.
B. Kids seek an excitement in skate.
C. The goodness of skateboarding.
D. The skateboarding is a serious sport.
E. How to prevent overweight by skateboarding.
25. The writer‟s purpose in writing the text is ….
A. to invite the local teenagers to skate in a park built specifically for skaters.
B. to convince the readers that they need a safe place for skaters to skate.
C. to provoke youngsters into the local government policy.
D. to promote the writer‟s business of skateboarding class.
E. to inform parents about the goodness of skateboarding.
26. What must we do to let the skaters play?
A. Join with them anywhere.
B. Give them space in the park.
C. Let them play in the main roads.
D. Let them play in the local street.
E. Build a skate park in the suburbs.
27. They need to practice their 180s, 360s and Ollie‟s free from restrictions. (Paragraph 5)
The synonym of the underlined word is ….
A. Approval
B. Allowance
C. Improvement
D. Prevention
E. Limitation
The text is for numbers 28 to 32.
28. The text is about ….
A. Road accidents
B. Women attitude towards automobile
C. Male superiority in automobile driving
D. A comparison between men and women drivers
E. Statistics about the number of road accidents
29. In term of car accidents, the statistics proves that car accidents caused by ….
A. men are higher than those of women
B. men are lower than that of women
C. men are as high as that of women
D. women are equal to that of men
E. women are the same as that of men
Male chauvinism (men‟s believe in male superiority) extends even into
the area of automobile driving, it seems. Believing that they are far better
drivers than women, men consider women drivers incompetent, inattentive,
and even dangerous behind the wheel.
However, statistics prove that women are, in fact, safer driver than
men. For example, insurance rates for women are 20 percent than they are for
men. Another proof is that more accidents are caused by male drivers between
the ages of 18 and 25 than by any other groups. Also the greater percentage of
accident involving deaths is caused by men. Although women are criticized
for being too cautious, they are really just being safe drivers.
The reason for women drivers‟ safer driving habits can perhaps be
found in the differing attitudes of sexes toward autombiles as a convenience,
like a washing machine. On the other hand, men regard the automobile as an
extension of their egos. Using it as a weapon when they feel particularly
aggressive or using it as a status symbol.
In all, women are safer drivers because of their attitude. Men can learn
to becme safe drivers if they adopt the attitude that an automobile is merely a
convenience.
30. Which of the following you don‟t agree with about men drivers?
A. They are safe and careful druvers.
B. They cause more accidents than women.
C. They consider themselves to be competent drivers.
D. They feel that using a car shows status of symbol.
E. They regard automobiles as an extension of their egos.
31. We can uunderstand from the text that ….
A. men always criticize women for their bad driving attitude
B. women show their egos by aggressive driving
C. the statistic shows women drive the car carelessly
D. young women drivers get many accidents
E. men underestimate women
32. “Men consider women drivers incompetent, inattentive, and even dangerous behind the
wheel. (Paragraph 1)
The underlined word means ….
A. Intent
B. Furious
C. Watchful
D. Careless
E. Indiscipline
The text is for questions 33 to 37.
33. The text is about ….
A. the quick text and original text of Frankenstein story
B. the simplified text of the up dated horror story
C. the horror story written by Frankenstein
D. the original text of the author‟s novel
E. the updated of classical horror story
It was the dawn of science and technology. Anything seemed possible –
even the creation of life itself. Victor Frankenstein becomes obsessed with this
idea and works relentlessly to prove his theories; but the glory he imagined
becomes a living nightmare –not only for him, but for his friends and family too.
Mary Shelley‟s gothic horror story- Frankenstein-was first published in
1818 and has been the inpiration behind numerous stage productions and films –
many of which strayed a long way away from her original masterpiece. Classical
Comics presenting a full-colour graphhic novel remains true to this classic tale,
bringing the original story to life which has never been created before.
This graphic novel is available in two versions: Original Text and Quick
Text editions. The Original Text stays faithful to Shelley‟s original text, while
the Quick Text brings the story up to date by presenting the text into a more
simplified style so that the tale is accessible to all readers.
The Quick Text edition will allow you to soak up a general feeling for the
characters and locations, while the Original Text version will help you easily slip
into the language in which the novel was written.
Even if you‟re not studying the original, this graphic novel is worth
buying. It‟s a great story, and should be one that everyone has the chance to read.
Now, thanks to this release, even those who don‟t particularly like to read too
much are given the chance to find this tale and hopefully it may encourage them
to search out the original book too.
As with previous Classical Comics, the presentation is first class. The best
grade glossy paper really helps to set this graphic novel head and shoulders above
the usual comic book releases on the market. Not only that, you also get a pretty
comprehensive biography of Shelley; Mary Shelley‟s Family Tree; a feature that
explains what life was like in the year of the book‟s release; and a brief look on
how Frankenstein has been adapted to many different formats over the years.
34. The simple way to understand the story is to read ….
A. the original text
B. classic comics
C. the quick text
D. the original book
E. the author‟s biography
35. The main idea of the third paragraph is ….
A. Victor Frankenstein wrote his story with gothic horror style
B. there are two versions of the graphic novel to enjoy
C. recognize the different life of Frankenstein story
D. have the inspiration to put the story to a film and drama products
E. remind the life of Mary Shelley, the author of Frankenstein
36. The original text of Frankenstein graphic story makes the readers ….
A. understand the style of writing in its era
B. curious about the historical background of story
C. recognize the different life of Frankenstein story
D. have the inspiration to put the story to a film and drama products
E. remind the life of Mary Shelley, the author of Frankenstein
37. “ … many of which strayed a long way away from …” (Paragraph 2).
The underlined word can be replaced with ….
A. Wandered
B. Changed
C. Directed
D. Pointed
E. Avoided
The following text is for questions 38 to 41.
38. What is the text about?
A. The website of newspaper El Pais and El Mundo
B. Spanish media reporter, Jose Mariano Trillo Figueroa
C. The arresting of Spain‟s most wanted thief in Portugal
D. A submachine gun in preparation for another bank robbery
E. A Spanish 1970s television bandit in the style of Robin Hood
39. Before arrested, Jaime Jimenez Arbe … in Spain.
A. had just robbed policemen
B. had robbed 30 banks
C. would have killed three officers of the law
D. had robbed insurance companies
E. had been working for companies
40. The reason why “The Loner” robbed banks is because …
A. his lawyer helped him
B. he was the most wanted thief in Spain
C. he was accused of killing three policemen
D. he believed that the banks stole money from the public
E. he saw himself as a Robin Hood-style figure
Spanish thief saw himself as Robin Hood-like bandit
Madrid (Reuters) - Spain's most wanted thief, "The Loner," saw
himself as a Robin Hood-style figure and said he robbed banks only because
they stole from the public, his lawyer said Thursday.
Accused of killing three policemen and holding up more than 30 banks,
Jaime Jimenez Arbe was planning to move on to insurance companies when he
was arrested last month, Spanish media reported, citing lawyer Jose Mariano
Trillo-Figueroa.
"I am not a killer and if I was obliged to shoot at officers of the law, it
was always against my will and in order to avoid being arrested," Jimenez said
in a letter reproduced on the websites of newspapers El Pais and El Mundo.
Trillo-Figueroa said Jimenez, who robbed the banks disguised in a
false beard and a wig, thinks of himself as Curro Jimenez, a Spanish 1970s
television bandit in the style of Robin Hood.
The Loner was arrested in Portugal, armed with a submachinegun in
preparation for another bank robbery-Reuters
41. ”Trillo-Figueroa said Jimenez, who robbed the banks disguised in a false beard and a wig …”
(Paragraph 3)
The underlined word „disguised‟ means …
A. Changed appearance
B. Reduced confidence
C. Damaged reputation
D. Exposed to view
E. Made known
The following text is for questions 42 to 45.
42. What was a reason for Kang‟s grandfather never returned to Kang‟s house?
A. A supporter of Kim II Sung
B. Accused of betraying North Korea
C. Regarded as a hero
D. As an important person in Korea
E. Force Kang‟s family to leave their homeland
43. What is mainly discussed in the last paragraph?
A. The last minutes Kang gathered with his mother.
B. The day Kang ever saw his grandma and grandpa.
C. The moment Kang‟s father regarded as a hero.
D. The last day Kang‟s parents and his grandma sobbed.
E. The sad moment when Kang‟s parents meet grandma.
Kang Chol Hwan was born into a loyal family that had once lived in
the large Korean community of Japan. In Kyoto, his grandfather had been
supporter of Kim II Sung, North Korean Great Leader since 1945. In 1961 the
grandfather returned with his family to North Korea and had important
government post.
Within months, however, he was complaining to friends that North
Korea was not the country he had expected. He was shocked to see so much
poverty, which he eventually came to blame on the government‟s stifling grip
on the economy. One morning in July 1977, when Kang was nine, his
grandfather was left for work and never returned.
A few weeks later, seven plain clothes security guard stormed into
Kang‟s house “Your grandfather betrayed the fatherland,” one of them stated
“You must be punished”.
Kang‟s parents and grandmother sobbed as they forced to pack their
belongings into two army trucks. The family was drivenn off, but Kang‟s
mother was left behind, “spared” because her own father was regarded as a
revolutionary hero. That was the last Kang ever saw her.
Inside North Korean‟s Gulag, by David Tracey
44. Why did Kang‟s grandfather disappear?
A. He left for work and went somewhere else.
B. He returned to North Korea.
C. He was supporter of Kim II Sung.
D. He went t government‟s office.
E. He was kidnapped and punished by the security guards.
45. A few weeks later, seven plain clothes security guard stormed into Kang‟s house.
The underlinedd word has the same meaning as …
A. Destroyed
B. Attacked
C. Knocked
D. Involved
E. Knotted
The following text is for questions 46 to 50.
If you get up early in the morning you will see an unusual sight. In city
parks and city streets, lot of boys and girls and men and women are already up
and busy. But they are not working or going anywhere. They are exercising.
Some are playing football or badminton and some others are jogging. What is
jogging?
Jogging is a gentle running. Why is jogging so popular today? Why do
people jog? People jog to relax themselves, to keep themselves fit, or simply to
enjoy themselves. Our world today is a world where life is comfortable and easy
for many city people. Fast buses, cars, or motorcycles take us to work or to
school. Lifts carry us quickly from one floor to another in large buildings. So
many people get very little exercise.
What do you need to start jogging? You only need a pair of running
shoes, an old pair of jeans or shorts, a sweater, and a little courage. Don‟t be
embarrased if you meet your neighbour as you return home, hot and tired.When
you begin jogging, start by running some of the way and then walking. Don‟t
jog too far too begin with and jog slowly. Once you develop a regular jogging
programme, you will feel fit and well, and you will be ready to start a busy day
feeling fresh and awake.
Next time you are at the swimming pool, look at the people around you,
especially those who are over thirty. How many of them who have a fat
stomach? Now you understand why more people today go jogging or do some
other sort of exercises.
46. Which of the following tittles is suitable for the text above?
A. An Easy and Cheap Sports
B. How to Lose Stomach Fat
C. Having Comfortable Life
D. Jogging, a Gentle Running
E. City Parks
47. What will a jogger feel after having a regular jogging programme?
A. well and fit
B. strong and fat
C. fat and clumsy
D. weak and stressed
E. tired and exhausted
48. From the text, we know that ….
A. jogging programme means extra exercise for city people
B. jogging will need extra sport equipment to use
C. people get many exercises in easy and comfortable life
D. jogging can make people relax
E. the neighbour will be embarassing to see us jogging
49. The communicative purpose of the text is ….
A. to show the steps of jogging
B. to analyze what jogging is
C. to discuss about jogging
D. to see if jogging works
E. to tell what jogging is
50. “ … you will see an unusual sight.” (Paragraph 1)
What is the synonym of the underlined word?
A. Strange
B. Popular
C. Regular
D. Common
E. traditional


MATEMATIKA

01. EBT-SMA-01-39
Ditentukan pernyataan (p ~q) → p. Konvers dari
pernyataan tersebut adalah …
A. p → (~p q)
B. p → (p ~q)
C. p → (p ~q)
D. p → (p ~q)
E. p → (~p ~q)
02. EBT-SMA-93-13
Invers dari pernyataan (p ~q) → p adalah …
A. ~ p → (p ~q)
B. ~p → (p q)
C. (~p q)→~p
D. (p ~q)→~p
E. (~p q)→ p
03. EBT-SMA-94-14
Pernyataan majemuk : Jika hari hujan maka sungai
meluap, ekivalen dengan ……
A. Hari hujan dan sungai meluap
B. Hari tidak hujan dan sungai tidak meluap
C. Jika sungai meluap maka hari hujan
D. Jika sungai tidak meluap maka hari tidak hujan
E. Jika hari tidak hujan maka sungai tidak meluap
04. EBT-SMA-92-14
Pernyataan : ′′Jika anda rajin belajar, anda lulus
Ebtanas′′ ekivalen dengan …
A. Jika lulus Ebtanas, maka anda rajin belajar.
B. Jika anda tidak rajin belajar, maka anda tidak lulus
Ebtanas.
C. Jika anda tidak lulus Ebtanas maka anda tidak rajin
belajar.
D. Jika anda tidak rajin belajar, maka anda lulus
Ebtanas.
E. Jika anda tidak lulus Ebtanas maka anda rajin
belajar.
05. EBT-SMA-91-16
Pernyataan : ′′ Jika laut pasang maka tiang dermaga
tenggelam ′′ ekivalen dengan …
A. Jika laut pasang maka dermaga tenggelam
B. Jika laut pasang maka tiang dermaga tidak
teng-gelam
C. Jika laut tidak pasang maka tiang dermaga
teng-gelam
D. Jika laut tidak pasang maka tiang dermaga
tidak tenggelam
E. Jika tiang dermaga tidak tenggelam maka laut
tidak pasang
06. EBT-SMA-02-39
Ingkaran dari √14 < 4 jika dan hanya jika sin 45o < sin
60o adalah …
A. √14 ≤ 4 jika dan hanya jika sin 45o < sin 60o
B. √14 < 4 jika dan hanya jika sin 45o ≥ sin 60o
C. √14 ≥ 4 jika dan hanya jika sin 45o > sin 60o
D. √14 ≥ 4 jika dan hanya jika sin 45o ≥ sin 60o
E. √14 ≥ 4 jika dan hanya jika sin 45o > sin 60o
07. UAN-SMA-04-39
Ingkaran dari pernyataan “Semua makhluk hidup perlu
makan dan minum” adalah …
A. Semua makhluk hidup tidak perlu makan dan
minum
B. Ada makhluk hidup yang tidak perlu makan atau
minum
C. Ada makhluk hidup yang tidak perlu makan
minum
D. Semua makhluk hidup perlu makan dan minum
E. Semua makhluk hidup perlu makan tetapi tidak
perlu minum
08. EBT-SMA-90-14
Ingkaran pernyataan : “ Beberapa peserta EBTANAS,
membawa kalkulator “ adalah …
A. Beberapa peserta EBTANAS, tidak membawa
kalkulator
B. Bukan peserta EBTANAS, membawa kalkulator
C. Semua peserta EBTANAS, membawa kalkulator
D. Semua peserta EBTANAS, tidak membawa
kalkulator
E. Tiada peserta EBTANAS, tidak membawa
kalkulator
09. EBT-SMA-89-18
Ingkaran dari pernyataan : ′′Semua peserta
EBTANAS berdoa sebelum mengerjakan soal ′′
adalah …
A. Semua peserta EBTANAS tidak berdoa sebelum
mengerjakan soal
B. Beberapa peserta EBTANAS berdoa sebelum
mengerjakan soal
C. Beberapa peserta EBTANAS tidak berdoa sebelum
mengerjakan soal
D. Semua peserta EBTANAS berdoa sesudah
mengerjakan soal
E. Beberapa peserta EBTANAS berdoa sesudah
mengerjakan soal
88
10. EBT-SMA-95-10
Kontra posisi dari pernyataan ′′Jika semua siswa menyukai
matematika maka guru senang mengajar′′
adalah …
A. Jika guru senang mengajar maka ada siswa yang
tidak suka matematika
B. Jika tidak semua siswa menyukai matematika
maka guru tidak sengang mengajar
C. Jika guru tidak senang mengajar maka ada siswa
yang suka matematika
D. Jika semua siswa menyukai matematika maka guru
tidak senang mengajar
E. Jika guru tidak senang mengajar maka ada siswa
yang tidak suka matematika
11. EBT-SMA-88-26
Kontra posisi dari implikasi : ”Jika Ali lulus ujian
maka Ali membeli motor” adalah …
A. Jika Ali membeli motor maka Ali lulus ujian
B. Jika Ali lulus ujian, maka Ali tidak membeli motor
C. Jika Ali tidak lulus ujian, maka Ali membeli motor
D. Jika Ali tidak lulus ujian, maka Ali tidak membeli
motor
E. Jika Ali tidak membeli motor, maka Ali tidak lulus
ujian
12. EBT-SMA-86-34
Kontra positif dari pernyataan “ Jika Alex pandai,
maka Alex lulus EBTA “ adalah …
A. Jika Alex lulus EBTA, maka Alex pandai
B. Jika Alex tidak pandai, maka Alex tidak lulus EBTA
C. Jika Alex tidak lulus EBTA, maka Alex tidak pandai
D. Jika Alex pandai, maka Alex tidak lulus EBTA
E. Jika Alex tidak pandai, maka Alex tidak lulus EBTA
13. UAN-SMA-04-40
Diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut:
1. Jika penguasaan matematika rendah, maka sulit
untuk menguasai IPA.
2. IPA tidak sulit dikuasai atau IPTEK tidak
berkembang
3. Jika IPTEK tidak berkembang, maka negara akan
semakin tertinggal
Dari ketiga pernyataan diatas, dapat disimpulkan …
A. Jika penguasaan matematika rendah, maka negara
akan semakin tertinggal
B. Jika penguasaan matematika rendah, maka IPTEK
berkembang
C. IPTEK dan IPA berkembang
D. IPTEK dan IPA tidak berkembang
E. Sulit untuk memajukan negara
14. UN-SMA-05-27
Kontrapositif dari (~p q) (~p q) adalah …
A. (p q) (p ~q)
B. (p ~q) (p ~q)
C. (p ~q) (p q)
D. (~p ~q) (p ~q)
E. (p ~q) (~p ~q)
15. EBT-SMA-03-38
Penarikan kesimpulan dari:
I p q II. p → q III. p →~q
~p q →~r q r
q ~r →!p p → r
Yang sah adalah …
A. hanya I
B. hanya I dan II
C. hanya I dan III
D. hanya II dan III
E. hanya III
16. EBT-SMA-01-40
1. ~p q 2. p → q 3. p → r
~p p q → r
q ~q p →q
yang sah adalah …
A. 1, 2 dan 4
B. 1 dan 2
C. 1 dan 3
D. 2 saja
E. 3 saja
17. UN-SMA-05-28
Diketahui argumentasi :
I. p q II p q III p q
~p ~q r p r
~q p r q r
Argumentasi yang sah adalah …
A. I saja
B. II saja
C. II saja
D. I dan II saja
E. II dan III saja
18. EBT-SMA-96-09
Kesimpulan dari tiga premis:
(1) p → q
(2) q → r
(3) ∞ r
adalah …
A. p
B. q
C. r
D. p
E. r
19. EBT-SMA-90-15
Cara mengambil kesimpulan : p → q ( B)
p ( B )
q ( B )
disebut
A. modus tolens
B. modus ponens
C. silogisme
D. implikasi
E. bi-implikasi
89
20. UN-SMA-06-04
Upik rajin belajar maka naik kelas.
Upik tidak naik kelas maka tidak dapat hadiah.
Upik rajin belajar.
Kesimpulan yang sah adalah …
A. Upik naik kelas
B. Upik dapat hadiah
C. Upik tidak dapat hadiah
D. Upik naik kelas dan dapat hadiah
E. Upik dapat hadiah atau naik kelas
21UN-SMA-07-17
Diketahui pernyataan:
1. Jika hari panas, maka Ani memakai topi.
2. Ani tidak memakai topi atau ia memakai payung.
3. Ani tidak memakai payung.
Kesimpulan yang sah adalah ...
A. Hari panas
B. Hari tidak panas
C. Ani memakai topi
D. Hari panas dan Ani memakai topi
E. Hari tidak panas dan Ani memakai topi
Lain-lain
01. EBT-SMA-86-10
Kota P di (600 LU, 550 BT) dan kota Q di (600 LU, 130
BB) Jika jari-jari bumi = 6400 km, dan π = 3,14, maka
jarak antara kota P dan Q adalah …
Q P
O
A. (35 – 13)0 × 2 × 3,14 × 6400 cos 600 km
B. (35 + 13)0 × 2 × 3,14 × 6400 sin 600 km
C. ( )
0
0
360
55 −13
× 2 ×x 3,14 × 6400 sin 600 km
D. ( )
0
0
360
55 +13
× 2 × 3,14 × 6400 sin 600 km
E. ( )
0
0
360
55 +13
× 2 × 3,14 × 6400 cos 600 km
02. EBT-SMA-92-24
Ditentukan jari-jari bumi = r km. Jarak sepanjang
ling-karan paralel antara dua tempat yang
kedudukannya masing-masing (300 U, 1600 T) dan
(300 U, 500B) adalah …
A. 24
7 π r km
B. 12
5 π r km
C. 24
7 π r√3 km
D. 12
5 π r√3 km
E. 12
7 π r√3 km
03. EBT-SMA-96-21
Diketahui posisi titik A(60o U, 95o T) dan B(60o U,
115o B). Jari-jari bumi adalah 6400 m. Jarak A ke B
sepanjang garis lintang tersebut adalah …
A. 3
1600 π km
B. 320 π km
C. 3
800 π√3 km
D. 3
800 π km
E. 3
400 π√3 km
90
04. EBT-SMA-93-31
Diketahui posisi titik M(600U,200B), titik
N(600U,250T) dan jari-jari bumi 6400 Km . Panjang
busur sepanjang lingkaran paralel yang melalui titik M
dan N adalah ……
A. 400 π km
B. 400 π √3 km
C. 800 π km
D. 800 π √2 km
E. 800 π √3 km
05. EBT-SMA-88-34
Dalam sistem 5 disajikan dalam tabel Cayley
sebagai berikut.
Sistem di samping mempunyai
(1) sifat tertutup
(2) elemen identitas yaitu 0
(3) sifat asosiatif
(4) elemen invers untuk
setiap x S
06. EBT-SMA-86-01
Bila diketahui A = { x | x bilangan prima < 11 } ,
B = { x | x bilangan ganjil < 11 }, maka eleman A – B
= ..
A. 1
B. 2
C. 3
D. 7
E. 9
07. EBT-SMA-86-08
Jumlah maksimum hasil pengukuran 4,3 m dan 4,7 m
adalah …
A. 9,10 m
B. 9,0 m
C. 8,90 m
D. 9,1 m
E. 8,9 m
08. EBT-SMA-86-14
Jika 47sepuluh = xtiga , maka x adalah …
A. 1202
B. 2021
C. 1220
D. 1022
E. 2012

FISIKA

Ujian Akhir Sekolah
Tahun 2007
FISIKA
UAS-SMA-07-01
Suatu segi empat setelah diukur dengan menggunakan
alat yang berbeda panjang 0,42 cm, lebar 0,5 cm. Maka
luas segi empat tersebut dengan penulisan angka
penting adalah … cm2
A. 0,41
B. 0,21
C. 0,20
D. 0,021
E. 0,2
UAS-SMA-07-02
Sistem berada dalam keseimbangan. Besar tegangan
tali AB adalah …
A. nol 45° 45°
B. 150 N A B
C. 250 N
D. 375 N
E. 500 N
500√2 N
UAS-SMA-07-03
Seseorang mengadakan perjalanan menggunakan mobil
dari kota A ke kota B, diperlihatkan oleh grafik di
bawah ini, sumbu Y sebagai komponen kecepatan dan
sumbu X sebagai komponen waktu, maka jarak yang
ditempuh kendaraan tersebut selama selang waktu dari
menit ke-30 sampai menit ke-60 adalah ...
A. 10 km V (kevepatan)
B. 15 km 40
C. 20 km
D. 30 km
E. 40 km
30 60 90 (menit)
UAS-SMA-07-04
Sebuah benda 2 kg bergerak pada permukaan licin
dengan kecepatan 2 ms–1. Pada benda dilakukan usaha
21 joule, maka kecepatan benda tersebut akan berubah
menjadi ...
A. 1 ms–1
B. 2 ms–1
C. 3 ms–1
D. 5 ms–'
E. 17 ms–1
UAS-SMA-07-05
Sebuah truk yang sedang bergerak dengan kecepatan
10 ms–1 ditabrak oleh sebuah mobil yang sedang
berjalan dengan kecepatan 20 ms–1. Setelah tabrakan
kedua mobil itu berpadu satu sama lain. Jika massa
truk 1400 kg dan massa mobil 600 kg, kecepatan kedua
kendaraan setelah tabrakan adalah …
A. 6 ms–1
B. 9 ms–1
C. 11 ms–1
D. 13 ms–1
E. 17 ms–1
UAS-SMA-07-06
No. F (N) ΔL (cm)
1 20 4,0
2 30 6,0
3 40 8,0
Tabel di atas menggambarkan hasil percobaan pegas
yang salah satu ujungnya diberi beban. F menyatakan
berat beban dan ΔL menyatakan pertambahan panjang.
Hitunglah usaha yang hams dilakukan untuk
memperpanjang pegas sejauh 10 cm.
A. 2,0 joule
B. 2,5 joule
C. 5,0 joule
D. 7,6 joule
E. 10 joule
UAS-SMA-07-07
Sebuah belokan jalan datar dirancang untuk dilalui
mobil dengan kecepatan maksimum 10 ms–1. Diketahui
koefisien gesekan antara ban dan jalan 0,5 dan jari-jari
ke lengkungan jalan R m. Maka nilai R adalah ... (g =
10 ms–2)
A. 7,5 meter
B. 8,0 meter
C. 10 meter
D. 15 meter
E. 20 meter
UAS-SMA-07-08
Pada tengah-tengah batang AB digantungkan sebuah
balok bermassa 8 kg. Besarnya tegangan tali yang
terjadi bila massa batang diabaikan adalah …
(g = 10 ms–2)
A. 40 N
B. 80 N
C. 10√3 N 30°
D. 160 N A B
E. 160√3 N
UAS-SMA-07-09
Karton homogen ABCDEA dengan ukuran AB = EC =
8 cm, AE = BC = 4 cm, ED = CD = 5 cm. Maka jarak
titik berat karton dihitung dari garis AB.
A. 1,5 m D
B. 2,0 m
C. 2,8 m C E
D. 4,5 m
E. 6,0 m
B A
UAS-SMA-07-10
Sepotong kayu terapung, dengan 5
3 bagian tercelup di
dalam air. Jika massa jenis air 1 × 103 kg/m3, maka
massa jenis kayu adalah ...
A. 2 × 102 kg/m3
B. 4 × 102 kg/m3
C. 6 × 102 kg/m3
D. 8 × 102 kg/m3
E. 10 × 102 kg/m3
UAS-SMA-07-11
Dua bejana A dan B diisi dengan zat cair yang berbeda
massa jenisnya, terlihat seperti pada gambar. Jika
tekanan di dasar A sama dengan 5
4 tekanan di dasar B
dan massa jenis zat cair A = 1.000 kg m–3, maka massa
jenis zat cair di B adalah ...
A. 1250 kg m–3
B. 2500 kg m–3
C. 3000 kg m–3
D. 4000 kg m–3
E. 5000 kg m–3
A B
UAS-SMA-07-12
Sebuah tabung berisi penuh zat cair (ideal). Pada
dindingnya sejauh 20 cm dari permukaan atas terdapat
lubang kecil (jauh lebih kecil dari penumpang tabung),
sehingga zat cair memancar (terlihat seperti pada
gambar). Berapa besar kecepatan pancaran air tersebut
dari lubang kecil ...
A. 1,0 ms–1
B. 2,0 ms–1 zat 20 cm
C. 3,0 ms–1 cair
D. 5,0 ms–1
E. 5,5 ms–1
UAS-SMA-07-13
Sebuah titik bermuatan q berada di tilik P dalam medan
listrik yang ditimbulkan oleh muatan (+), sehingga
mengalami gaya sebesar 0,05 N. Jika besar muatan
tersebut adalah +5 × l0–6 Coulomb, maka besar besar
medan listrik di titik P adalah ...
A. 2,5 × 103 NC–1
B. 3.0 × 103 NC–1
C. 4,5 × l03 NC–1
D. 8,0 × 103 NC–'
E. 104 NC–1
UAS-SMA-07-14
Pada sebuah lampu pijar tertulis 100 W, 220 V, apabila
lampu tersebut dipasang pada tegangan X volt, maka
daya disipasi lampu ternyata hanya 25 watt. Berapakah
nilai X ...
A. 100 Volt
B. 110 Volt
C. 150 Volt
D. 200 Volt
E. 220 Volt
UAS-SMA-07-15
Perhatikan gambar di bawah, jika sebuah hambatan
yang nilainya 4R dirangkaikan paralel pada titik P dan
Q, maka nilai arus listrik pada rangkaian akan menjadi
...
A. 2 Ampere
B. 3 Ampere
C. 4 Ampere
D. 6 Ampere
E. 9 Ampere
UAS-SMA-07-16
Pada gambar di samping arah medan magnetik
homogen ke sb-Z positif. Jika sebuah elektron bebas
bergerak dengan laju tetap v ke arah sb-X negatif, maka
gaya magnetik menyebabkan lintasan gerak elektron
membelok ke arah ...
A. Sb-X posirif
B. Sb-X negatif
C. Sb-Y negatif
D. Sb-Y positif
E. Sb-Z negatif
UAS-SMA-07-17
Sepotong kawat digerakkan di dalam medan magnet
menghasilkan ggl sebesar V di antara ujung-ujungnya.
Jika kawar dipanjangkan menjadi 2× semula dan
kecepatan geraknya diperbesar menjadi dua kali
semula pada medan magnet tetap, maka besar ggl yang
ditimbulkan sebesar ...
A. 4
1 V
B. 2
1 V
C. V
D. 2 V
E. 4 V
UAS-SMA-07-18
Rangkaian R-L seri dihubungkan dengan sumber arus
bolak-balik seperti pada gambar di bawah. Berdasarkan
data-data pada gambar, maka reaktansi induktif adalah
...
A. 30 Ω
B. 40 Ω
C. 50 Ω
D. 80 Ω
E. 100 Ω
UAS-SMA-07-19
Di antara pernyataan tentang kecepatan gerak
harmonik berikut ini, yang benar adalah ...
A. mengalami nilai maksimum pada saat percepatannya
maksimum
B. mengalami nilai maksimum saat simpangannya nol
C. mengalami nilai maksimum saat simpangannya
sama dengan amplitude
D. berbanding terbalik dengan frekwensi
E. berbanding terbalik dengan amplitude
UAS-SMA-07-20
Seberkas cahaya yang melalui kisi difraksi dengan K
celah/cm menghasilkan spektrum garis terang orde
kedua yang membentuk sudut 30° terhadap garis
normalnya. Jika panjang gelombang cahaya yang
digunakan 5 × 10–7 meter, maka nilai K adalah ...
A. 1.000 garis/cm
B. 2.000 garis/cm
C. 4.000 garis/cm
D. 5.000 garis/cm
E. 6.000 garis/cm
UAS-SMA-07-21
Jarak dua lampu sebuah mobil 122 cm. Panjang
gelombang rata-rata cahaya yang dipancarkan kedua
lampu mobil itu 500 nm. Jika nyala kedua lampu itu
diamati oleh seseorang yang diameter pupil matanya 2
mm, maka jarak maksimum mobil dengan orang
tersebut supaya nyala kedua lampu masih tampak
terpisah adalah ...
A. 2.000 meter
B. 3.000 meter
C. 6.000 meter
D. 4.000 meter
E. 9.000 meter
UAS-SMA-07-22
Titik P berjarak 2 meter dari sumber bunyi dan
intensitas gelombang di P 900 Watt/m2. Hitunglah
intensitas gelombang di titik Q yang berjarak 6 meter
dari sumber bunyi ...
A. 100 Watt/m2
B. 200 Watt/m2
C. 300 Watt/m2
D. 500 Watt/m2
E. 900 Watt/m2
UAS-SMA-07-23
Hal-hal di bawah ini adalah sifat gelombang
elektromagnetik:
1. Dapat merambat pada ruang hampa.
2. Kecepatannya lebih besar dari kecepatan cahaya.
3. Dihasilkan dari medan listrik dan medan magnet
4. Dibelokkan oleh medan listrik
Pernyataan yang benar adalah …
A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 3 saja
C. 2 dan 4 saja
D. 4 saja
E. 1, 2, 3 dan 4
UAS-SMA-07-24
Sebuah bandul sedcrhana yang panjang talinya 2,5
meter. Diayunkan pada daerah yang percepatan
gravitasinya 10 ms–2. Besar frekwensi bandul tersebut
adalah ...
A. π HZ
B.
π
1
HZ
C.
π
2
HZ
D. 3π HZ
E.
π
4 HZ
UAS-SMA-07-25
Bayangan yang terbentuk oleh cermin cembung dan
sebuah benda yang tingginya h yang ditempatkan di
depan cermin bersifat ...
A. nyata, tegak, diperbesar
B. maya, tegak, diperbesar
C. nyata, tegak, diperkecil
D. nyata, terbalik, diperbesar
E. maya, tegak, diperkecil
UAS-SMA-07-26
Seseorang bermata hipermetropi supaya dapat melihat
dengan normal harus menggunakan kaca mata yang
kuat lensanya +2 dioptri. Maka jarak terdekat yang
dapat dilihat orang tersebut tanpa kaca mata adalah ...
A. 2,5 cm
B. 15 cm
C. 50 cm
D. 60 cm
E. 100 cm
UAS-SMA-07-27
Gelas berisi 200 gram air bersuhu 20°C dimasukkan 50
gram es bersuhu -2°C. Jika hanya terjadi pertukaran
kalor antara air dan es saja, setelah terjadi
kesetimbangan akan diperoleh ... (cair= 1 kal/gr°C; ces =
0;5 kal/gr°C; L = 80 kal/gr)
A. seluruh es mencair dan suhunya di atas 0°C
B. seluruh es mencair dan suhunya 0°C
C. tidak seluruh es mencair dan suhunya 0°C
D. suhu seluruh sistem di bawah 0°C
E. sebagian air membeku dan suhu sistem 0°C
UAS-SMA-07-28
Dua buah batang PQ dengan ukuran yang sama, tetapi
jenis logam berbeda dilekatkan seperti gambar di
bawah ini. Jika koefisien konduksi termal P adalah dua
kali koefisien konduksi termal Q, maka suhu pada
bidang batas P dan g adalah ...
A. 84°C
B. 78°C
C. 72°C
D. 70°C
E. 90°C
UAS-SMA-07-29
Sebuah mesin Carnot yang memiliki efisiensi 40%
menggunakan reservoir panas yaag bersuhu 727°C.
Tentukan suhu reservoir dingin!
A. 327°C
B. 357°C
C. 400°C
D. 600°C
E. 627°C
UAS-SMA-07-30
Jika suhu benda yang berpijar menjadi 1,5 kali semula,
maka energi yang dipancarkan tiap detik tiap satuan
luas adalah ...
A. tetap
B. 6 kali
C. 3
16 kali
D. 81
16 kali
E. 16
81 kali
UAS-SMA-07-31
Sebuah benda yang panjangnya 10 meter bergerak
dengan kecepatan 0,6 c. Maka panjang relativitasnya
adalah ...
A. 6,0 meter
B. 8,0 meter
C. 12,5 meter
D. 24,5 meter
E. 60 meter
UAS-SMA-07-32
Jika kecepatan sebuah benda 5
3 kecepatan cahaya
( 5
3 c), maka energi kinetiknya akan menjadi x kali
energi diamnya, maka besar nilai x adalah ...
A. 0,15
B. 0,20
C. 0,25
D. 0,50
E. 0,75
UAS-SMA-07-33
Hal di bawah ini yang merupakan sifat foton cahaya:
1. Energi foton tidak bergantung pada intensitas
berkas cahayanya
2. Momentum foton memenuhi kaitan P =
λ
h dengan
h tetapan plank dan λ panjang gelombang cahaya
3. Foton tidak dibelokkan oleh medan magnet
maupun medan listrik.
4. Energi yang dibawa oleh tiap foton besamya E =
λ
hc
A. 1, 2, 3 benar
B. 1, 3 benar
C. 2, 4 benar
D. 4 benar
E. 1, 2, 3, 4 benar
UAS-SMA-07-34
Apabila massa inti He 42
= 4 sma, massa proton
1,00783 sma dan massa netron 1,008665 sma (1 sma =
931 MeV), maka energi ikat inti atom tersebut adalah
...
A. 3,07 MeV
B. 6,14 MeV
C. 16,26 MeV
D. 30,7 MeV
E. 60,14 MeV
UAS-SMA-07-35
Peluruhan massa zat radioaktif X memenuhi grafik
massa (m) terhadap waktu (t). Berdasarkan grafik,
konstanta peluruhan (λ) zat radioaktif X adalah ...
A. 0,050
B. 0,115
C. 0,425
D. 0,693
E. 0,93

BIOLOGI

Kucing, anjmg dan harimau memiliki kesamaan antara
lain struktur gigi dan jenis makanannya. Oleh karena
itu, hewan tersebut dikelompokkan dalam satu takson
yang sama, yaitu ...
A. filum
B. kelas
C. ordo
D. famili
E. genus
UAS-SMA-07-02
Berikut mi adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh
virus yaitu ...
A. influenza dan flu burung
B. cacar dan malaria
C. cacar dan TBC
D. demam berdarah dan malaria
E. diare dan flu burung
UAS-SMA-07-03
Perhatikan gambar di bawah ini!
Bakteri yang menyebabkan
penyakit
kolera adalah
nomor ...
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
E. 1
UAS-SMA-07-04
24jam 48 jam 24jam 48jam 24 jam 48 jam
Grafik di atas menunjukan fase inkubasi Plasmodium.
Jenis malaria apakah dari kasus tersebut?
A. malaria quartana
B. malaria tropicana
C. malaria tertiana
D. malaria africana
E. malaria americana
UAS-SMA-07-05
Di antara ganggang berikut di bawah ini yang
kloroplasnya berbentuk mangkok adalah ...
A. Spirogyra
B. Clamydomonas
C. Euglena
D. Navicula
E. Chhrococcum
UAS-SMA-07-06
Gambar disamping jamur dari jenis ...
A. Rhizopus stolonifer
B. Volvariella volvaceae
C. Neurospora sp.
D. Mucor mucedo
E. Saccharomyces cereviceae
UAS-SMA-07-07
Bagan di bawah, label 1,2,3, dan 4 adalah ...
A. protonema, ovum, spermatozoid, dan zigot
B. protalium, spermatozoid, ovum, dan zigot
C. protalium, ovum, spermatozoid, dan zigo
D. protonema, spermatozoid, ovum, dan zigot
E. protonema, spermatozoid, ovum, dan sporofit
UAS-SMA-07-08
Andri menemukan hewan dengan ciri-ciri sebagai
berikut.
• kepala dada menjjadi satu
• memiliki abdomen/perut
• jumlah kaki empat pasang
Dari ciri-ciri tersebut maka hewan ini tergolong ...
A. insekta
B. crustaceae
C. arachnoidea
D. myriapoda
E. decapoda
UAS-SMA-07-09
Perhatikan siklus hidup cacing hati (Fasciola hepatica)
di bawah ini!
Label 1 dan 2 dan siklus tersebut adalah ...
A. miracidium dan redia
B. miracidium dan onkosfera
C. redia dan cercaria
D. cercaria dan metacercaria
E. cercaria dan onkosfera
UAS-SMA-07-10
Berikut ini adalah nama beberapa populasi dalam suatu
komunitas;
1. pohon
2. tumut
3. lumut kerak
4. perdu
5. rumput
Urutan rangkaian suksesi dengan komponen-komponen
berikut adalah ...
A. 1, 2, 3, 4, 5
B. 2, 3, 4, 5, 1
C. 3, 4, 5, 1, 2
D. 3, 2, 4, 5, 1
E. 3, 2, 5, 4, 1
UAS-SMA-07-11
Perhatikan gambar sel di bawah!
Organel yang ditunjuk berfungsi sebagai ...
A. pelindung bagian dalam sel
B. tempat sintesis protein
C. penghasil pigmen
D. mengatur semua kegiatan sel
E. tempat respirasi sel
UAS-SMA-07-12
Pertumbuhan batang monokotil cenderung tidak
membesar, sedangkan batang tumbuhan dikotil dapat
membesar. Hal ini disebabkan adanya ...
A. akti vitas stele
B. aktivitas korteks
C. aktivitas titik tumbuh
D. d aktivitasmeristematik
E. aktiyitas kambium
UAS-SMA-07-13
Perhatikan jaringan penyusun organ daun di bawah ini!
Jaringan yang ditunjuk berfungsi sebagai ...
A. tempat fotosintesis
B. pengangkut air dan unsur hara
C. pelindung
D. tempat pertukaran udara
E. tempat menyimpan hasil fotosintesis
UAS-SMA-07-14
Melengkungnya tulang punggung ke arah depan akibat
kesalahan sikap disebut ...
A. Fraktura
B. Rakhitis
C. Lordosis
D. Kifosis
E. Nekrosis
UAS-SMA-07-15
Berikut ini merupakan fungsi getah bening ...
A. mengangkut hasil pencernaan lemak yang berupa
asam lemak dan gliserol
B. mengangkut hasil pencernaan berupa asam lemak
dan gliserol
C. mempertahankan tubuh dan kuman dan penyakit
D. mengangkut dan menyerang kuman-kuman
E. mengangkut asam amino dan garam mineral
UAS-SMA-07-16
Label 1, 2, dan 3 dan gambar penampang jantung di
bawah adalah ...
A. arteri kanan,ventrikel kanan, arteri kiri
B. aorta, ventrikel kanan, berkas His
C. aorta, arteri pulmonalis, vena pulmonalis
D. arteri pulmonalis, aorta, arteri pulmonalis
E. vena cava superior, vena cava inferior, vena
pulmonalis
UAS-SMA-07-17
Jenis gangguan sistem
pencernaan yang sering
terjadi yang ditunjuk dan
gambar di samping …
A. apendisitis
B. ulkus
C. diare
D. konsttpasi
E. enteritis
UAS-SMA-07-18
Label x pada gambar di
samping adalah ...
A. kardiak penghasil HCl
B. kardiak menghasilkan
musin
C. pylorus menghasilkan
cairan alkali
D. fundus penghasil HCl dan musin
E. fundus menghasilkan cairan alkali
UAS-SMA-07-19
Dalam proses penyerapan makanan, lemak akan
dipecah menjadi ...
A. asam lemak dan enzim
B. asam amino dan asam lemak
C. asam lemak dan gliserol
D. asam lemak dan glukosa
E. asam lemak dan amilum
UAS-SMA-07-20
Pada label x gambar nefron di bawah dihasilkan ...
A. urine primer
B. urine sekunder
C. darah bersih
D. urine produktif
E. urine racun
UAS-SMA-07-21
Pergerakan bola mata dikendalikan oleh saraf cranial
yaitu ...
A. opticus
B. okulomotor
C. trigeminal
D. vagus
E. auditori
UAS-SMA-07-22
Perhatikan gambar penampang telinga di bawah.
Jika bagian ini rusak,
maka bagian telinga
tengah mudah terinfeksi.
Bagian tersebut ditunjukkan
oleh nomor
...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
UAS-SMA-07-23
Berikut ini adalah gambar penampang kandung
lembaga pada tumbuhan Angiospermae. Endospenn
terbentuk melalui peleburan inti generatif dengan
nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 2 dan 3
UAS-SMA-07-24
Fertilisasi terjadi pada bagian label ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
UAS-SMA-07-25
Pengikatan bagian vas deferen dengan tujuan untuk
menghambat pematangan gamet jantan dalam istilah
KB disebut ...
A. sterilisasi
B. inflant
C. tubektomi
D. vasektomi
E. IUD
UAS-SMA-07-26
Peristiwa etiolasi pada kecambah terjadi karena ...
A. pertumbuhan terhambat akibat banyak cahaya
B. pertumbuhan cepat akibat tidak ada cahaya
C. menumpuknya auksin pada bagian batang
D. terhambatnya auksin karena kurang cahaya
E. dormansi biji-bijian karena faktor kelembapan
UAS-SMA-07-27
Seorang siswa ingin meneliti pengaruh cahaya lampu
terhadap banyaknya oksigen yang diproduksi oleh
Hydrilla. Manakah yang tergolong variabel bebas ...
A. siswa
B. intensitas cahaya lampu
C. volum oksigen
D. Hydrilla
E. tabung reaksi
UAS-SMA-07-28
Berikut adalah jenis enzim yang termasuk dalam
golongan karbohidrase, kecuali ...
A. katalase
B. sellulose
C. hidrolase
D. sitokrom
E. karboksilase
UAS-SMA-07-29
Perhatikan skema respirasi aerob di bawah ini !
Dari bagan di bawah peristiwa 1 dan 2 secara berturutturut
adalah ...
A. siklus Krebs dan glikolisis
B. siklus Krebs dan reaksi antara
C. glikolisis dan siklus Krebs
D. glikolisis dan STB
E. STE dan siklus Krebs
UAS-SMA-07-30
Reaksi terang pada peristiwa fotosintesis adalah ...
A. fotosintesis
B. fiksasi CO2
C. penguraian klorofil
D. siklus Calvin – Benson
E. pemecahan molekul air
UAS-SMA-07-31
Kromosom somatik sel manuisia adalah ...
A. 44 A/XX atau 44 A/XY
B. 22 A/XX atau 22 A/YY
C. 22 A/XY atau 23 A/XY
D. 44 A/XX atau 44 A/YY
E. 22 A/X atau 22 A/Y
UAS-SMA-07-32
Berikut ini adalah beberapa kodon dengan asam amino
yang diikatnya.
Kodon Asam Amino
GUA valin
CCU prolin
AUC isoleusin
UCU serin
Bila urutan asam amino yang terbentuk adalah
isoleusin, prolin, valin, dan serin maka urutan basa
nitrogen dari DNA sense adalah …
A. UAG, GGA, CAU, AGA
B. UAG, GGA, CAT, AGA
C. TAG, GGA, CAT, AGA
D. TAG, GGA, CAU, AGA
E. ATC, CCT, GTA, TCT
UAS-SMA-07-33
Fase-fase sintesa protein ;
1. RNA d meninggalkan inti menuju ribosom
2. RNA t mengikat asam amino yang sesuai
3. RNA d dibentuk di dalam inti oleh DNA
4. asam amino berderet sesuai dengan urutan kode
genetik
5. pembentukan protein yang diperintahkan
Urutan yang sesuai dengan sintesa protein adalah ...
A. 3, 2, 1, 4, dan 5
B. 1, 2, 3, 4, dan 5
C. 3, 1, 2, 4, dan 5
D. 5, 4, 1, 2, dan 1
E. 2, 3, 4, 1, dan 5
UAS-SMA-07-34
Dari gambar di samping fase yang benar pada
pembelahan sel tersebut adalah ...
A. interfase
B. profase
C. anafase
D. metafase
E. telofase
UAS-SMA-07-35
Label yang benar dari gambar spermatogenesis di
bawah adalah …
A. 1 spermatogonium, 4 spermatid
B. 1 spermatid, 3 spermatosit
C. 1 spermatogonium, 3 spermatosit
D. 1 spermatogonium, 4 sperma
E. 1 spermatid, 4 sperma
UAS-SMA-07-36
Peristiwa yang terjadi pada profase dari meiosis I
adalah ...
A. membelahnya sentromer menjadi dua
B. meleburnya dinding inti
C. terbentuknya benang-benang kromatin
D. bergeraknya kromatid ke arah kutub
E. berkumpulnya kromosom di bidang equator
UAS-SMA-07-37
Gen-gen di bawah ini menyatakan bulu yang diwarisi
oleh beberapa hewan.
Gen A bulu keriting (dominan)
Gen a bulu lurus (resesif)
Gen B bulu bitam (dominan)
Gen b bulu putih (resesif)
Hewan yang mewarisi gen AaBb akan memiliki fenotip

A. hitam lurus
B. hitam keriting
C. putih halus
D. putih keriting
E. abu-abu ikal
UAS-SMA-07-38
Gen A (daun berklorofil), gen a (daun tidak
berklorofil), gen B (batang tinggi) dan gen b (batang
pendek). Jika genotip aa bersifat letal, maka hasil
persilangan AaBb dengan Aabb akan diperoleh
perbandingan fenotip ...
A. Hijau tinggi : hijau pendek = 1 : 1
B. Hijau tinggi : hijau pendek = 3 : 1
C. Htjau tinggi : putih pendek = 1 : 1
D. Hijau tinggi : putih pendek = 2 : 1
E. Putih tinggi : hijau pendek = 3 : 1
UAS-SMA-07-39
Penyilangan bunga Linaria marocana AAbb (merah)
dengan aaBB (putih), F1 AaBb (Ungu), F2 terjadi
kombinasi fenotip dengan perbandingan:
A. Ungu : Merah : Putih = 12 : 3 : 1
B. Ungu : Merah : Putih = 1 : 1 : 1
C. Merah : Putih = 9 : 7
D. Ungu : Putih = 9 : 7
E. Ungu : Merah : Putih = 9 : 3 : 4
UAS-SMA-07-40
Sistem Penentuan jenis kelamin pada belalang yaitu ...
A. 3Y
B. XO
C. XX
D. ZW
E. ZZ
UAS-SMA-07-41
Jika nomor 1 golongan darah A (IAIO) maka nomor 2
mempunyai genotip ...
A. IOIO
B. IBIO
C. IAIO
D. IAIA
E. IBIB
UAS-SMA-07-42
Seorang laki-laki normal menikahi wanita normal yang
ayahnya hemofilia. Kemungkinan anak laki-laki
mereka yang hemofilia adalah ...
A. 0%
B. 12,5%
C. 25%
D. 50%
E. 75%
UAS-SMA-07-43
Perkawinan antarsepupu (satu silsilah dekat) tidak baik
secara genetik karena …
A. sering terjadi pertengkaran
B. muncurnya sifat yang sama dalam keluarga
C. terjadinya perebutan warisan
D. susah mendapat keturunan
E. munculnya keturunan yang abnormal
UAS-SMA-07-44
Mutasi kromosom dapat terjadi akibat adanya ...
A. pautan
B. gagal pisah
C. pindah silang
D. pautan seks
E. polimeri
UAS-SMA-07-45
Karena mengalami mutasi, kromosom mengalami
perubahan seperti pada gambar di bawah.
Jenis mutasi tersebut adalah ...
A. translokasi
B. katenasi
C. inverse
D. duplikasi
E. delesi
UAS-SMA-07-46
Sayap burung dan sayap serangga merupakan organ
yang dapat dijadikan petunjuk adanya evolusi.
Berdasarkan perbandingannya organ tersebut tergolong
...
A. analog
B. homolog
C. comparative
D. organologi
E. speciasi
UAS-SMA-07-47
Disuatu pulau ditemukan wanita berpenglihatan normal
84%, berapa persen pria berpenglihatan buta wama?
A. 20%
B. 30%
C. 40%
D. 80%
E. 96%
UAS-SMA-07-48
Dari 1000 penduduk di suatu kota ditemukan 49%
orang normal haemofilia, berapakah jumlah penduduk
yang haemofilia?
A. 25 orang
B. 90 orang
C. 180 orang
D. 250 orang
E. 510 orang
UAS-SMA-07-49
Pemanfaatan aplikasi bioteknologi untuk pemenuhan
kebutuhan pangan sudah mulai beralih ke pemanfaatan
PST (Protein Sel Tunggal) karena memiliki kelebihan
kecuali ...
A. nilai ekonomi tinggi
B. sumber energinya cukup banyak
C. kadar protein tinggi ± 80%
D. media pembiakannya selulosa, methanol atau
minyak bumi
E. semua orang bisa melakukannya
UAS-SMA-07-50
Bioteknologi di bawah adalah ...
A. Hibridoma
B. Kloning
C. Transplantasi gen
D. Kultur jaringan
E. Transplantasi nucleus

Ujian Akhir Sekolah
Tahun 2007
KIMIA
UAS-SMA-07-01
Isotop 57Al
13 terdiri dari ...
A. 13 proton, 14 elektron dan 27 neutron
B. 13 proton, 13 elektron dan 27 neutron
C. 13 proton, 13 elektron dan 14 neutron
D. 14 proton, 14 elektron dan 13 neutron
E. 27 proton, 27 elektron dan 14 neutron
UAS-SMA-07-02
Konfigurasi elektron dari unsurX adalah 1s2 2s2 2p6 3s2
3p6 4s2 3d10 4p6 5s2 4d'° 5p3. Unsur tersebut terletak
pada ...
A. golongan IIIA perioda 5
B. golongan VA perioda 5
C. golongan VA perioda 3
D. golongan IIIA perioda 4
E. golongan VIA perioda 5
UAS-SMA-07-03
Diketahui keelektronegatifan H = 2,1 ; Cl = 3,5; F =
4,0; Br = 2,8. Senyawa yang paling polar di bawah ini
adalah ...
A. HCl
B. HF
C. GIF
D. BrF
E. BrCl
UAS-SMA-07-04
Pada suhu dan tekanan tertentu terjadi pembakaran
sempurna gas C2H6 oleh 3,5L gas O2 dengan
persamaanreaksi : C2H6(g) + C2(g) → CO2 (g) + H2O
(belum setara).
Volume gas CO2 yang dihasilkan adalah ...
A. 2 liter
B. 3,5 liter
C. 5 liter
D. 6 liter
E. 14 liter
UAS-SMA-07-05
Pada suatu bejana direaksikan 100 mL KI 0,1 M
dengan 100 mL Pb(NO3)2 0,1 M menurut reaksi:
2KI(aq) + Pb(N03)2(aq) → PbI2(s) + 2KN03(aq)
Pernyataan yang sesuai untuk reaksi di atas adalah ...
(Ar K = 39; I = 127; Pb = 207; N = 14; O = 16)
A. Pb(NO3)2 merupakan pereaksi batas
B. KI merupakan pereaksi batas
C. Bersisa 1,65 gram KI
D. Bersisa 0,65 gram Pb(NO3)2
E. KI dan Pb(NO3)2 habis bereaksi
UAS-SMA-07-06
Data hasil percobaan sebagai berikut:
Larutan Lampu Pengamatan lain
I tidak menyala tidak ada gelembung gas
II tidak menyala ada gelembung gas
III menyala terang ada gelembung gas
IV tidak menyala tidak ada gelembung gas
V tidak menyala ada gelembung gas
Larutan yang merupakan elektrolit adalah ...
A. I, II dan III
B. I, II dan IV
C. I, III dan V
D. II, III dan V
UAS-SMA-07-07
Larutan CH3 COOH 0,1 M (Ka = 10–5) mempunyai pH
...
. 1
. 2
. 3
. 4
. 5
UAS-SMA-07-08
pH campuran dari 200 mL NH4OH 0,1 M dengan 200
mL NH4Cl 0,1 M adalah …(Kb = 10–5)
A. 5
B. 7
C. 9
D. 11
E. 13
UAS-SMA-07-09
Garam yang mengalami hidrolisis sebagian dan bersifat
asam adalah ...
E. CH3COOH
E. HCOOK
E. NH4Cl
E. KCl
E. CH3COONH4
UAS-SMA-07-10
Dua larutan elektrolit yang satu mengandung kation
A2+ dan yang lainnya mengandung anion B–
dicampurkan. Akan terjadi endapan AB2 (Ksp = 10–6)
jika masing-masing konsentrasinya adalah ...
A. [A2+] = 10–1 M dan [B–] = 10–1 M
B. [A2+] = 10–2 M dan [B–] = 10–2 M
C. [A2+] = 10–3 M dan [B–] = 10–3 M
D. [A2+] = 10–3 M dan [B–] = 10–4 M
E. [A2+] = 10–4 M dan [B–] = 10–5 M
UAS-SMA-07-11
Tinta merupakan sistem koloid yang fasa terdispersi
dan medium pendispersinya adalah ...
A. gas – padat
B. cair – gas
C. padat - gas
D. cair - padat
E. padat – cair
UAS-SMA-07-12
Di antara larutan-larutan berikut ini yang mempunyai
penurunan titik beku paling tinggi pada konsentrasi
yang sama adalah ...
A. urea
B. glukosa
C. asam asetat
D. kalium sulfat
E. natrium klorida
UAS-SMA-07-13
Sebanyak 82 gram suatu zat non elektrolit dilarutkan
dalam air hingga volume 1 Liter dan mempunyai
tekanan osmotik sebesar 9,84 atmosfir pada suhu 27°C.
Jika tetapan R = 0,082 L atm/mol K, maka Mr zat
tersebut adalah ...
A. 180
B. 205
C. 208
D. 214
E. 342
UAS-SMA-07-14
Di antara senyawa alkana berikut ini, yang
diperkirakan akan mempunyai titik didih paling rendah
adalah ...
A. n–pentana
B. 2-metil-butana
C. 2,2-dimetil propana
D. 2,2-dimetil butana
E. 2,3-dimetil butana
UAS-SMA-07-15
Berdasarkan reaksi berikut:
1. CH2=CH-CH3 + HCl → CH3-CHCl-CH3
2. CH3-CH2-CH2=C1 + KOH → CH3-CH=CH2 + KCl + H2O
3. CH3-CH2-CH2Cl + KOH → CH3-CH2-CH2OH + KCl
dari ketiga reaksi tersebutberturut-turut adalah ...
A. adisi, eliminasi, substirusi
B. adisi, substitusi, eliminasi
C. eliminasi, substitusi, adisi
D. adisi, substitusi, oksidasi
E. oksidasi, adisi, eliminasi
UAS-SMA-07-16
Nama senyawa yang benar dari
CH3–CH–CH–CH3
| |
CH3 C = O
|
H
Adalah …
A. hexanal
B. 2-butanal
C. 2- metil pentanal
D. 3-metil-2-butanal
E. 2,3- dimetil butanal
UAS-SMA-07-17
Pada senyawa karbon berikut:
I. 2 - metil - 1 - butanol
II. 3 - metil – butanal
III. metil – butanoat
IV. 2–pentanon
yang merupakan isomer adalah ...
A. I dan II
B. I dan III
C. II dan III
D. II dan IV
E. III dan IV
UAS-SMA-07-18
Dari senyawa haloalkana berikut:
I. Teflon
II. Halotan
III. Kloroetana
IV. Etilbromida
Yang berguna sebagai obat bius adalah ...
A. I dan II
B. I dan III
C. II dan III
D. II dan IV
E. III dan IV
UAS-SMA-07-19
Suatu senyawa karbon dengan rumus molekul C2H6O
dapat bereaksi dengan logam natrium dan juga dengan
PC13. Berdasarkan hal ini, senyawa karbon tersebut
mengandung gugus fungsi ...
A. –OH
B. –O–
C. –CO–
D. –COH
E. –CO2–
UAS-SMA-07-20
Senyawa dengan rumus struktur sebagai berikut diberi
nama ...
A. fenilasetal
B. asam benzoat
C. hidroksi benzena
D. asam toluat
E. asam benzofenolut
UAS-SMA-07-21
Rumus senyawa di bawah digunakan sebagai ...
A. pengawet
B. pemanis
C. antiseptik
D. penambah rasa
E. antioksidan
UAS-SMA-07-2
Perhatikan lima buah polimer di bawah ini:
1. polivinilasetat
2. polisakarida
3. poli isoprena
4. polivinil klorida
5. polietena
pasangan polimer yang termasuk polimer alam adalah
...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
UAS-SMA-07-23
Rumus umum asam amino yang merupakan monomer
pembentuk protein adalah ...
C. R D. R
| |
HC–COOH HC–CH–COOH
| | |
NH2 NH2 CH3
C. R E. R
| |
HC–CH2–COOH HC–C–COOH
| | |
NH2 NH2 CH3
C. R
|
H2C–CH–COOH
|
NH2
UAS-SMA-07-24
Diketahui:
AH / H2O(/) = –285,5 kj/mol
AH / CO2(g) = –393,5 kj/mol
AH /C3H8(g) = –103,0 kj/mol
perubahan entalpi dari reaksi:
C3H8(g) +5O2(g) → 3CO2(g) + 4H2O(l) adalah …
. –1180,5 kJ
. +1180,5 kJ
. +2219,5 kJ
. –2219,5 kJ
. –2426,5 kJ
UAS-SMA-07-25
Diketahui energi ikatan rata-rata:
C=C : 146kkal/mol
C–C : 83kkal/mol
C–H : 99kkal/mol
C–Cl : 79kkal/mol
H–Cl : 103kkal/mol
Maka perubahan entalpi pada reaksi:'
C2H4 (g) + HCl + C2H5Cl(g) adalah …
. –510 kkal
. +510 kkal
. +72 kkal
. –42 kkal
. –12 kkal
UAS-SMA-07-26
Dari reaksi A+ B → zat hasil
No. Massa A Konsentrasi
mol/L
Waktu
(detik)
Suhu
(°C)
1 5 gr serbuk 0,1 8 25
2 5 gr larutan 0,1 3 25
3 5 gr padat 0,1 5 25
4 5 gr larutan 0,2 1,5 25
5 5 gr larutan 0,1 1,5 35
Dari percobaan 1 dan 3 laju reaksi dipengaruhi oleh …
D. konsentrasi
D. sifat zat
D. suhu
D. luas permukaan
D. katalis
UAS-SMA-07-27
Dari data suatu reaksi: N2(g) + 3 H2(g) → 2 NH3(g)
[N2] M [H2] M Laju reaksi (m/det)
0,01 0,02 0,4
0,02 0,02 0,8
0,02 0,04 1,6
Rumus laju reaksi adalah ...
. v = k [N2] [H2]3
. v = k [N2] [H2]2
. v = k [N2] [H2]
. v = k [N2]2 [2H2]
. v = k [N2]2 [HJ2
UAS-SMA-07-28
Agar pada reaksi kesetimbangan:
N2(g) + 3H2(g) ↔ 2NH3 AH=~92kj
Jumlah gas NH3 yang dihasilkan maksimal. Maka
tindakan yang diperlukan adalah ...
. memperbesar volume
. menurunkan tekanan
. menatnbah konsentrasi NH3
. mengurangi konsentrasi H2
. menurunkan suhu
UAS-SMA-07-29
Dalam suatu bejana yang bervolume 1 liter, 4 mol gas
NO2 membentuk kesetimbangan:
2NO2 (g) ↔ 2NO (g) + O2 (g)
Dalam keadaan setimbang pada suhu tetap terbentuk 1
mol O2. Tetapan kesetimbangan Kc adalah ...
E. 0,5
E. 1,0
E. 1,5
E. 2,0
E. 4,0
UAS-SMA-07-30
Pada reaksi redoks :
aCR2O7
2
(aq) + 14 H+
(aq) + bFe2+
(aq) → cCr3+
(aq) + 7H2O(l)
+ dFe3+
(aq)
Nilai a, b, c, dan d berturut-turut dalam reaksi adalah:
...
E. 1, 4, 2, 4
E. 1, 6, 2, 6
E. 2, 8, 2, 8
E. 2, 8, 4, 8
E. 3, 8, 6, 8
UAS-SMA-07-31
Diketahui potensial reduksi:
Ca2+
(aq) + 2e → Ca(s) E° = –2,87 V
Al3+
(aq) + 3e → Al(s) E° = –1,66 V
Potensial sel untuk reaksi:
3 Ca(s) + 2 Al3+
(aq) → 3 Ca2+
(aq) + 2 Al(s)
adalah …
E. –4,33 V
E. –11,9 V
E. +11,9 V
E. +5,26 V
E. +1,21 V
UAS-SMA-07-32
LogamCu dan Zn dimasukkan ke dalam larutan yang
mengandung ion-ion Cu2+ dan Zn2+ dengan konsentrasi
1,0 M. Dari data E° Cu2+/Cu = +0,34 Volt dan E°
Zn2+/Zn = -0,76 Volt, maka akan terjadi reaksi yang
menghasilkan ...
E. Cu2+ dan Zn2+
E. Cu2+ dan Zn
E. Zn2+ dan Cu
E. Cu2+ dan H3
E. Zn dan Cu
UAS-SMA-07-33
Larutan perak nitrat dielektrolisis dengan arus sebesar
2 ampere selama 10 menit, massa perak yang mengendap
di katoda adalah ... (1 F = 96500; Ar Ag = 108)
E. (96500 × 20) gram
E. (96500×108 × 20) gram
E. 96500 × 108 × 200) gram
E. ( 96500
108 × 20) gram
E. ( 96500
108 × 1200) gram
UAS-SMA-07-34
Reaksi yang terjadi di anoda pada reaksi elektrolisis
larutan NaCl dengan elektroda platina adalah ...
D. 2H2O → O2 + 4H+ + 4e
D. Na+ + e → Na
D. H2O + 2e → H2 + 2OH–
D. 2Cl– → Cl2 + 2e
D. Pt → Pt2+ + 2e
UAS-SMA-07-35
Seorang siswa melakukan percobaan:
5. Paku dimasukkan ke dalam larutan garam
5. Paku dimasukkan ke dalam minyak pelumas
5. Paku dililiti logam tembaga kemudian dimasukkan
ke dalam air
5. Paku dililiti logam magnesium kemudian dimasukkan
ke dalam air
5. Paku diletakkan sebagai anoda dan tembaga
sebagai katoda dimasukkan ke dalam larutan
tembaga sulfat kemudian dialiri arus listrik.
Dari 5 percobaan yang dilakukan siswa, paku akan
terlindungi dari perkaratan yaitu pada percobaan ...
(paku terbuat dari besi)
E. 1 dan 2
E. 1 dan 3
E. 2 dan 3
E. 2 dan 4
E. 3 dan 5
UAS-SMA-07-36
Dari percobaan reaksi halogen dengan ion halida
diperoleh data pengamatan sebagai berikut:
No. Ion halida
Percobaan Halogen A B C
1 A2 - bereaksi bereaksi
2 B2 tidak
bereaksi
- bereaksi
3 C2 tidak
bereaksi
tidak
bereaksi
bereaksi
Halogen A2, B2, dan C2 berturut-turut adalah ...
C. F2, Cl2, Br2
C. F2, Br2, Cl2
C. Cl2, Br2, F2
C. Cl2, F2, Br2
C. Br2, Cl2, F2
UAS-SMA-07-37
Data hasil ekspetimen logam natrium yang dimasukkan
ke dalam air yang telah ditetesi fenolftalien :
− ada percikan api
− menimbulkan panas
− timbul letupan
− warna larutan menjadi berwama merah
zat yang dihasilkan dari eksperimen ini adalah ...
E. Natrium hidroksida dan energi
E. Gas hidrogen dan gas oksigen
E. Gas nitrogen dan gas amoniak
E. Natrium hidroksida dan gas oksigen
E. Natrium hidroksida dan gas hidrogen
UAS-SMA-07-38
Nama yang benar untuk senyawa kompleks
[Co(NH3)4Cl2]Cl adalah ...
E. Kobal (III) tetra amin dikloroklorida
E. Kobaltat (III) tetra amin dikloroklorida
E. Dikloro tetra amin kobaltat (II) klorida
E. Tetra amin diklorokobal (III) klorida
E. Tetra amin triklorokobal (III)
UAS-SMA-07-39
Dua senyawa masing-masing diuji dengan tes nyala,
senyawa yang satu memberikan warna kuning emas
dan senyawa yang kedua memberikan warna ungu.
Berdasarkan hal ini dapat diramalkan senyawa 1 dan 2
tersebut berturut-turut mengandung kation ...
E. Natrium das kalium
E. Litium dan magnesium
E. Stronsium dan barium
E. Rubidium dan kalsium
E. Sesium dan berilium
UAS-SMA-07-40
Oksida unsur perioda ketiga yang dapat bereaksi
dengan asam dan basa adalah ...
E. Na2O
E. MgO
E. Al2O3
E. SiO2
E. P2O5

 
HEAD LINE NEWS BERBAGI INFORMASI | gembeler.blogspot.com | COME JOIN US